Thursday, February 02, 2006

Profesionalisme dan Persahabatan

Pernah ga sih temen2 se-tim kerja dengan teman sendiri? Trus kalo temen tersebut kerjanya ga beres, apa yang anda lakukan?
Mau marah, temen gitu lho...
Enggak marah, wah ga bisa gini caranya.

Berapa hari ini aku kepikiran tentang hal itu, Profesionalisme dan Persahabatan. Bahkan kemaren sempet ngobrol lama ma tika di telepon. 54 menit sodara-sodara, cukup lama untuk jarak Jepang-Indonesia.
Di semester 7 kemarin aku mempunyai 2 tim kerja. Tim I, katakanlah bener2 the dream team. Kompak, solid, sama-sama punya inisiatif, semangat, komitmen, dan responsible. Semuanya bener2 punya attitude kerja yang TOP, aku pun jadi terbawa semangat dan professional. Tim ini terdiri dari 2 orang Indonesia, satu Jepang, dan satu Sri Lanka.
Tim yang ke-2, hampir kebalikannya. Padahal tugas yang dikerjakan, bisa dibilang 3 kali lebih berat dari yang I. Ga punya inisiatif, dan attitude kerja yang.. wah memprihatinkan. Tim ini terdiri dari 1 Kanada, dan 4 Indonesia. hehe Sebenarnya aku awalnya ga masalah, lha wong aku orangnya juga dasarnya nyantai. Walo pada ga semangat, aku semangat update info, kirim email, arrange meeting, kirim meeting's minutes dsb.
Ketika aku curhat ma temenku yang lain tentang ini, temenku jawab, "Emang gitu kerja ma orang Indonesia"
"Oya..."
jawabku. Pernyataan ini ga kudapat dari satu orang aja lho, tapi lebih dari 3 orang.
Wah...wah, ada apa ini, attitude kerja orang Indonesia patut dipertanyakan.
Pertama masalah waktu. Mungkin karena aku tinggal ama keluarga Jepang, cara pandangku tentang waktu juga agak bergeser. Karena kalo di keluarga Jepang-ku, janjian jam 9, itu berarti jam 8.50. kalo aku dateng jam 9, pasti dibilang, "Mega osoiii...na"/Mega lambat banget sih. Aku part time juga sama orang Jepang, pernah ya aku dateng meeting yang dijadwal jam 2, aku dateng jam 2 tepat, eh dibilang..."jangan telat dong". Aku bengong...
Ketua circle Ai No Nami-ku juga orang Jepang. Hehe... kalo janjian jam 2, jam 2.01 belum datang, pastilah HP anda segera berdering seketika.
Nah pas kerja ma tim 2-ku itu, aku selalu berusaha dateng tepat waktu, kalo sampe telat setidaknya ada konfirmasi lah. Bagaimanapun kebawa attitude-ku lah. Pernah janjian meeting jam 2, eh jam 2.05 belum ada yang dateng, trus aku telpon, tapi pada ga diangkat. Begitu dateng jam 2.10 mereka tampak tak merasa bersalah, sambil ngecek HP bilang, "Eh ada miskol, kamu meg. Ada apa?"
"Tadi pada belum datang."
"Ya elah telat 10 menit juga ditelpon"
Aku langsung deg...uuups ada perbedaan attitude dsini.
Yah, yang itu aku ngerti lah. Emang ada perbedaan attitude ttg waktu. Tapi ada case kedua yang aku agak nggonduk. Kejadiannya begini, kita janjian meeting di Joyfull Kyoumachi, jauh sih tapi ya udahlah aku usahain dateng ksitu. Nah 10 menit sebelum jam yang ditentukan meeting, temenku tuh ada yang mbatalin meeting, dengan alasan capek. Waktu itu ak dah mau nyampe tempat meeting. Wah aku terus terang sebel lah, kalo bicara sibuk, aku dah bela-belain nyempetin waktu. Jauh-jauh lagi, nurutin ke tempat yang deket dari rumah mereka. Kalo bicara masalah capek, hello... i'm also exhausted. Kan dia-nya sms aku buat mbatalin meeting, trus aku jawab:
"kalo ga bisa, bilang dari tadi dong. Udah rugi waktu, rugi duit. Dah ah aku males ngurusin lagi"
Emang sih sms-ku mutung n agak kasar gt, habis gimana dong. Kayaknya waktu itu ada kekesalan yang memuncak. aku pas sibuk banget,digituin. Itu sih belum seberapa, case yang ke-3, terjadi di hari terakhir kita ngumpulin final business plan. Kan kita bagi2 tugas yang harus dikerjain gt, deadline-nya sehari sebelum deadline dari gurunya. jadi kita punya waktu buat edit and compile gt. Eh ada 1 anak yang nyampe hari deadline dr gurunya belum ngumpul juga. Setelah ditelpon2, akhirnya dia ngumpulin, pas kita buka file-nya..."Ooppss... apa ini", bener2 secara quantity n quality enol banget. Maaf ya aku komentar gt, tapi i am SERIOUS. Aku waktu itu ama temenku orang Kanada nyampe bengong. Kita cuma compile ber2 gt, sebelum satu temenku datang. Wuaaah... walhasil kita ngebut ngerjain bagian dia, padahal kita ada report lain yang deadlinenya hari itu.
Sedangkan orang yang bersangkutan, ketika di telpon n dimarah-marahin ma *ut*a, bilang
"Gimana dong, gue lagi ada di Naruto Udon"(restaurant-red)
Pokoknya kayak ga mau tau gt. Jadi ya udah, berhubung orangnya kayak gt, kita ngerjain tugas dia, padahal kita ada report lain. Dan orang itu enak2nya maen.
Maap... mega angkat kasus ini ke publik, sebelum aku sempet bicara4 mata dengan orang yang bersangkutan. Tapi, hey... i need to talk to u!!! Secara profesional aku harus marah ma dia, walopun diatiku tuh marah ga ada...tapi aku ngerasa harus marah. Karena...yah kasarannya harus dikasih pelajaran lah. walaupun secara temen... dia tuh temen yang humoris banget, dunia seakan berseri kalo ada dia. dan terus terang secara temenan...aku ga marah ma dia.
William bilang, aku harus bisa misahin antara profesionalisme dan temen. William tuh ya..kalo lagi kerja, wuah kalo debat2 ya debat.., panas lah meetingnya, profesional lah. Tapi kalo kerja selesai, yah kayak ga terjadi apa2, tetep temen. Hehe... kadang aku belum bisa kayak gt. Dan dia senyum2 sendiri...waktu tau aku marah ma temenku yang mbatalin meeting itu. Trus bilang: "U did the right thing, Im proud of u"....hueheehehe, dia paling tau lah sejarahku jadi tough girl, menghadapi dunia nyata...yang tak selembut dan seindah duniaku bersama keluarga, dan temen2 di Yogya.
Tapi aku jadi mikir jauh kedepan. Kalo suatu saat di dunia kerja, aku nemuin temen yang ga profesional kayak gt, dan aku punya hak mecat dia, apa aku tega mecat dia, atau aku bakal bilang "temen gt loh..." Mega yang dulu sih, bakal bilang "temen gitu loh". Tapi kenapa ya aku sekarang merasa aku berubah, dan merasa bisa melakukan, "pecat aja". aku sampe mikiiir, bukan aku banget kalo sampe marah ma temen, bukan aku banget kalo sampe besok mecat temen, tapi... saat ini aku ngerasa ga bisa memaafkan attitude kerja yang tidak profesional.
Kalo aku liat sih di Indonesia, masih ada pandangan "temen gitu loh"

Yah begitulah, akhir2 ini mikirin itu. Hehe.. anyway aku harus berterimakasih untuk setiap pengalaman yang mengajariku menjadi bijaksana, dan lebih dewasa. Yeah... for the endless learning...kampai!

mega

1 comment:

Yohanes said...

Bener tuh. Temen ya temen, kerjaan ya kerjaan. Harus dipisah! Kalo emang kerjanya ga becus, ya pecat aja. heuheuehu

ps: mending segroup ama 1 org bermutu daripada segroup ama 10 orang gak guna.

 
Lilypie Maternity tickers