Wednesday, January 11, 2006

wow... agama itu cinta!

This posting consists of two parts.

first part, wrote on Jan, 9 a day before eid.

Eid yang sepi..
Ga ada serunya siap2 menjelang Eid
Ga ada takbir
Ga ada lembur memasak menjelang Eid
Ga ada kumpul2 keluarga...jelas
Ga sungkem orangtua... hiks
Ga bisa puasa arafah
Ga bisa shalat Eid

Sepinya Eid kali ini, hiks... . Semoga aku bisa memaknai dengan cara lain.
Idul Adha selalu menjadi momen yang istimewa sejak dulu. Bukan hanya dengan segala prosesinya, yang dari puasa, sholat, dan makan2 ;). Tapi aku suka sekali konsep hari raya ini. Dimana ada kesempatan berbagi, berbagi rezeki, kebahagiaan, dan tentu saja menghangatkan persahabatan dan kekeluargaan. Oh..indahnya agama ini. Yang punya rezeki lebih, silakan menyediakan kambing, sapi. Yang belum berkesempatan membeli kambing sapi-pun ga perlu khawatir, akan ada jatah2 mengunjungi rumah anda. Sejak kecil, aku suka ikutan melihat prosesi penyembelihan ini. Apalagi kalo ikutan papah ke masjid kampung, sambil bertanya2, `Pah..pah, kambing kita yang mana?`. Trus deg-degan-nya ketika satu demi satu kambing2 itu, sapi2 disembelih. Biasanya bagian ini aku ga tega, memilih bersembunyi di balik punggung papah, ato sudah sibuk berman dengan teman sebaya. Maklum, ...masih kecil. Ikutan motong2 daging, masukin ke plastik, kemudian pulang,... dan rasanya senang ketika rumahku pun mendapat jatah. Hehe.. padahal apa bedanya dengan beli daging kambing pada hari biasa. Emang sama... tapi ya itu tadi, semangatnya beda, esensi-nya beda.
Oh indahnya agama ini. Walopun eid kali ini sepi..., semoga esensi dan arti-nya selalu bersemi di hati. Setidaknya aku bahagia, bahwa di belahan dunia sana.., akan banyak keluarga yang berbahagia, mendapat kiriman daging kambing, daging sapi..yang belum tentu mereka nikmati setiap harinya…!

Happy Eid, all! Hehe... aku tak henti2nya pingin bilang, oh Indahnya agama ini..!!!!

2nd Part, wrote after Eid.

Semua emang ada hikmahnya. Walaupun ga rame n ga ada makan2nya (pertama kalinya kayak gini loh), aku justru merasa lebih khusyuk... oh Allah itsumo arigatou! Knapa? Kalo Eid sebelum-sebelum ini, aku suka sibuk ngurusin ini itu, nata makanan, penempatan meja, nyari microphone.., dan baru cepet2 siap2 sholat ketika takbir dah setengah mulai, atau justru takbiratul ihram sudah mulai. Tapi Eid kali ini laiiin, tenang, khusyuk, pokoknya dateng cuma buka hall, n duduk manis, mulai takbir. Alhamdulillah, untuk segenap hikmah dan cinta di hati.
Oya, sepanjang pagi Eid, aku deg2an. Soalnya aku yang bawa izin hall, dan yang bisa ambil kunci hall. Aku takut telat bangun, atau telat kereta. And bikin orang seAPU ga bisa sholat Eid. Hehe.. takut banget. mana rumahku jauh, n jadinya harus bangun pagi2.

anyway, sekali lagi HAPPY EID! Ayo kita bawa terus SEMANGAT BERBAGI di hari ini ke hari2 selanjutnya!!!

Mega
-wow.. agama itu cinta!-

No comments:

 
Lilypie Maternity tickers