Sunday, January 08, 2006

Survey Kategori ke 3

Yup, aku kembali untuk memenuhi janji, postingan yang kepotong kemaren. Survey kategori ke-3 adalah tentang "Propinsi mana di Jepang yang orang2nya gampang percaya ma orang?. ".
Wah ini bener2 pertanyaan sulit, tanpa survey kayaknya ga bakal tau jawabannya. aku cuma komen "Yang pasti propinsi desa... . Trus mesti Tokyo urutan trakhir ya okaasan?" begitu komentarku ama okaasan. Kalo menurutku, orang2 jepang di pulau kyushu lebih ramah daripada orang2 di sekitar Kanto area (maap ya yg tinggal di daerah kanto..hehe) . Dan betul juga, Tokyo menduduki urutan terahkir, sedangkan.... urutan pertamanya hehe..ternyata bukan di daerah kyushu. Yaitu propinsi diatasnya Kanto area..., hayo apa?
Yak.. jawabannya adalah Iwate prefecture. Pernah denger...?

Di acara itu ditunjukkan pembawa acaranya pergi ke Iwate prefecture, trus masuk ke toko oleh2, wuaah... pelayannya tuh ramah. Ketika mas pembawa acaranya tanya, "Ini makanan apa". Trus ama pelayannya langsung disuruh nyoba makan. Belum selesai, dikasih coba makan jenis yang lain, nyampe banyak banget. Udah gitu ..., dikasih minum teh. Wuuuaa.. baek banget ya.
Itu sih, belum bukti yang cukup kuat. Akhirnya diadakanlah percobaan, seorang nenek-nenek disuruh pura2 menanyakan jalan ke orang2 yang lewat di daerah situ. Hasilnya, 80% lebih berhenti dan menunjukkan jalan, bahkan ada yang nganterin. Bahkan ada yang belum ditanyaain, udah nyamperin si nenek gara2 si nenek kelihatan kayak orang bingung.
Nah pas percobaan itu diadakan di Tokyo... hehe.. ngeri banget deh, jarang banget yang mau berhenti menolong. Yappari ne... (iya betul kan, pantesan-red).
Ada pembicaraan menarik antara aku dan host mom-ku gara2 ngomongin topik tentang "mudah percaya ma orang lain" ini.

Okaasan (ibu-red) bilang, "Okaasan juga ga mudah percaya ma orang lho. Kebanyakan orang Jepang sekarang juga gitu. Makanya waktu mau kasih donation buat Aceh, okaasan lebih milih nyalurin lewat mega daripada lewat organisasi Jepang"
"Emang organisasi Jepang knapa?" aku balik tanya.
"Ya..bukan gitu. Yah, mungkin inilah beda orang yang punya agama ama enggak. kalo okaasan sebenarnya kagum loh liat orang yang beragama tuh. Apalagi yang bener2 menjaga. Seperti misalnya mega ga boleh minum alkohol, mega kan ga pernah mikir kan...'ah sedikit aja minum boleh lah'. Jadi sama juga, okaasan percaya, kalo misalnya mega bawa uang donation, ga bakal ada perasaan, 'ah aku pake sedikit uang donasi kan ga ketauan ah', kayak gitu... sedang kalo orang Jepang, hmm... karena ga punya agama, lebih punya kemungkinan melakukan itu" begitu jelas okaasan panjang lebar.

Aku..., dalam hati membenarkan pendapatnya. Bener2 agama menjaga kita dari perbuatan yang rendah dan memalukan kayak gitu. Wuaah... semoga kita selalu terjaga dari perbuatan2 kayak gitu.
hiks lagi2 harus cabut, sudah ditunggu bis...!

mega


* aku menulis ini diiringi lagu Blang Padang Masya-nya Rafly, hiks... jadi kangen Ujung Muloh, Aceh... sumpaah.. kangen banget. Trus tadi liat foto2nya.. , jadi tambah kangen deh. "ky.. beneran mo balik Aceh next hols?"

1 comment:

Anonymous said...

mengapa tidak:)

 
Lilypie Maternity tickers