Friday, January 06, 2006

Survey Membuktikan...

Tadi malam aku nonton acara TV yang menurutku sangat menarik. Judulnya aku lupa, tapi pokoknya tentang survey, misalnya propinsi mana di Jepang yang mempunyai kebiasaan ngaret paling tinggi, atau propinsi mana yang paling strict masalah uang, dll. Ada beberapa tema yang menarik, misalnya:
1. Propinsi mana yang wanita-nya lebih dominan, atau lebih kuat kedudukannya?
Hehe, aku langsung ketawa denger kategori ini dan aku langsung nebak "OSAKA". Dan ternyata bener!! Knapa aku nebak osaka... karena... hmm...(ini bukan ngomongin kejelakan orang loh-red) , karena yah pengalaman berhubungan ama orang asli Osaka tuh kalo ngomong... agak2 relatif lebih kasar, dan aku punya temen cewek asal Osaka di Ai No Nami (eskulku) yang ditakuti ama orang2 Jepang yang lain, padahal anaknya baru tingkat 1 loh. Kalo ngomong buanter, lama2 tambah banter lagi, ga tedeng aling2, n ga pake basa basi. Sampe2 ama anak2 dijulukin "kansai no obasan"/ tante2 dari Kansai. Hihihi...

Nah di acara TV itu, ditunjukanlah tayangan para suami yang takut istri. Pake kamera tersembunyi, jadinya bisa merekam pembicaraan suami istri..itu yang bener2 kelihatan.. istrinya dominan, gualak banget deh, kalo ngomong kayak marah2.
Bagusnya lagi setelah itu ada penjelasan ahli, dilihat secara historis, kenapa Osaka wanitanya bisa lebih dominan gituuu..., jadi tambah knowledge deh.
Oya, propinsiku, Oita, masuk urutan bontot, no 40-an lah, dari seluruhnya 47 propinsi. Pantesan...hehehe

2. Yang seru lagi : Propinsi mana yang penduduknya biasa ngaret alias ga ON TIME?
Lagi-lagi tebakanku benar. Hayo manaaaa? Yup, OKINAWA prefecture. Kenapa aku nebak okinawa? Habisnya kebanyakan orang jepang tuh tepat waktu deh, kayaknya rada2 ga percaya kalo ada orang Jepang yang ngaret. Maka jawabannya, carilah wilayah yang "ga bener2 Jepang", dan itu adalah OKINAWA yang secara historis emang beda.
Nah untuk membuktikan kebenaran survey, ceritanya pembawa acaranya nih...pergi ke Okinawa, trus wawancara ma orang2 apakah mereka biasa ngaret, tapi diluar dugaan, ga ada yang ngaku. Akhirnya diubahlah strategi "search the truth" nya. Sang pembawa acara bekerjasama dengan sebuah klub olahraga menyelenggarakan acara pesta akhir tahun (bounenkai). Semua anggota klub diundang, dan sekitar 35an orang menyanggupi dateng. Nah dari pesta itu nanti, bakal ketahuan jam berapakah orang2 itu datang..kalo acaranya dimulai jam 7 malam.

Hayo... pada datang jam berapa?
Kalo di propinsiku sih 10 menit sebelumnya ..biasanya pada dateng. Dan buat keluargaku disini, telat adalah salah satu dosa yang tidak termaafkan. Heheh... "yurusanai" begitu mereka selalu bilang. Awal2 dulu aku sukakena semprot loh.
Nah di Okinawa, tepat jam 7, ternyata..... BELUM ADA YANG DATANG SATUPUN! Keluargaku liat itu sampai teriak semua (termasuk aku hehe..), sambil bilang "Shinjirarenai!!!" / "Unbelieveble".
Gila bener deh, sampe2 koordinator klub-nya yang diajakin kerjasama buat bikin survey ini juga telat 3 menit. telat 1 jam tuh biasa, bahkan ada yang 2 jam. Wuuuaa... bener2 bukan Jepang.
Nah yang satu jam telat tuh trus ditanyain ma si pembawa acara:
"Kenapa telat?"
"Ya.. emang biasanya gini..., kita datang disaat yang lain kira2 sudah datang juga"

Aku langsung ketawa..., i feel really understand that reason. Aku dulu pas SMA juga gitu, dateng pas kira2 yang lain juga dah dateng. Tapi koq aku sekarang liat itu tuh... sperti something unbelieveble.
Makanya kalo pulang ke Indonesia, aku jadi suka mumet dhewe masalah waktu. Pas pulang terakhir kemaren, aku janjian ma temenku yang katanya mau jemput aku jam 7..... e jam 7.05 belum dateng. jam 7.10 aku jadi sakit perut..gara2 bingung, koq belum dateng. Huh..kalo di Jepang 10 menit ga dateng...udah deh, there wont be a business contact..hehhe. akhirnya temenku dateng jam 7.30. Waktu itu aku nunggu bareng adekku yang orang Jepang, dianya malah bilang "Mega...ini indonesian time loh, sudahlah!". Waktu itu adekku udah 3 mingguan di Indonesia, sedang aku baru aja pulang ke Indo..

Waktu begitu berharganya disini. Bukannya sok ontime, tapi justru aku belajar tepat waktu... karena jadwal yang padat. kalo jadwal padat, n acara molor... wah schedule2 selanjutnya bisa berantakan semua tuh. Bikin sakit kepala. Makanya kuncinya ya... harus ontime. Waktu kapan itu, aku ditanyain temenku, "kenapa ga jadi ke dokter gigi meg?"
"harus nunggu 15 menit tau ga, ya udah ga jadi deh"
"ya kan 15 menit ga lama..."
"Oya.. ya, wah ...tapi waktu itu 15 menitku pas bener2 berharga banget".
Begitulah kalo sedang sibuk, detik demi detik..., menit demi menit, bener2 diitung..hehehe
Balik ke kategori, ada yang menarik lagi, yaitu "Propinsi mana yang orang2nya cenderung gampang percaya ma orang". Tapi berhubung i hv to go now, sambung nanti lagi ya... insyaAllah!!!

mega

1 comment:

Anonymous said...

Meg..
Nyalakan feed atom.xml mu..
dan aku akan menjoinmu di http://tjakra.teladan.net

matursuwun..

-igun

 
Lilypie Maternity tickers