Sunday, September 28, 2008

Sabar...

Saya sedang terobsesi dengan sabar. Bertanya-tanya sejauh manakah kita harus bersabar? Sejauh manakah kita harus bersabar ya Allah? Sejauh manakah kita harus lagi memaafkan...lagi dan lagi? Tetap percaya bahkan ketika semua orang berbalik meninggalkannya?
Beberapa hari ini, aku bertahan dengan percaya bahwa Allah Maha Adil. Walau kubertanya-tanya, "koq tega padaku? Koq terasa ga adil??", kukembalikan kepadaNya. Dengan berbekal sabar dan percaya padaNya.

Saya sedang terobsesi dengan sabar. Untuk memuaskan obsesi tersebut inilah hasilnya:
Let see what my guidance of life mentioned:

2. Al Baqarah

45. Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,

2. Al Baqarah

153. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

2. Al Baqarah

155. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

8. Al Anfaal

66. Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.

32. As Sajdah

24. Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.

33. Al Ahzab

35. Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

31. Luqman

31. Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur.

13. Ar Ra’d

22. Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),

70. Al Ma´aarij

5. Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik.

3. Ali ‘Imran

17. (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.

41. Fushshilat

35. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.


Lalu masihkah aku bisa bersabar?
InsyaAllah!

mega

2 comments:

atma said...

Al-Quran sudah cukup..
tapi aku tetep pengen cerita..:P

dulu aku pernah punya temen nakalnya minta ampun, bisa dibilang apapun yang terjadi aku selalu jadi korban kejahilannya yang aku bingung apa alasannya..
ya..karena waktu itu masih kecil ya, beberapa kali bocor marahnya bahkan sempat aku pukuli dia..namun ending2 punya cerita.. semua peristiwa itu membuatku lebih mudah dalam menjalani hidup di depannya... semacam kawah candradimuko things...

kemaren di oprah juga ada yang memaafkan bahkan berterimakasih pada bapaknya yang pemabuk (yang sebelumnya membuat dia tersiksa berat) karena pada akhirnya dia bisa jadi lebih kuat, bisa mencari dan menemukan arti hidup, bisa melangkah u/ menulis buku, dlsb..

aku gak tahu apa yang terjadi disitu, tapi coba melangkah mundur sejenak dari dirimu, tersenyum dan lihatlah bahwa suatu saat kamu akan tersenyum dan berterimakasih kpd Allah bahwa sudah diberi pengalaman hidup yang begitu menarik dan penuh perjuangan itu.. insyaAllah kamu jadi lebih enak dalam menjalaninya :)

(hayah ngomong opo aku iki :P ~hahahaha)

btw, sukses meg dgn kesabaranmu itu..(dan buat yang lain -para pembaca- juga :P)

kurasa kita semua bakal terus berjuang di "sabar dan ikhlas"..

nunut iklan: guys, dah nonton film "laskar pelangi" juga baca tetralogi novelnya? klo belum buruan tonton dan baca! dijamin bakal banyak terinspirasi deh.. ~mari berjuang mewujudkan mimpi~

atma said...

wohoho, jebul akeh tho le tak tulis....sorry.. n nuwun :P

oh, yo nyicil: mohon maaf lahir batin, selamat idul fitri ^______^

 
Lilypie Maternity tickers