Monday, September 15, 2008

Demi Masa

Aku suka surat Al-ashr. Singkat, padat, tapi Subhanallah maknanya dalam sekali : ).
Imam Syafii bekata, "Seandainya tidak ada tuntunan Allah yang turun, kecuali surat Al-ashr, itu sudah cukup untuk mendapatkan kebahagian dunia dan akherat". Keren ya?!!


Artinya:
1. Demi Masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, serta saling menasehati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.

Dari sedikit surat yang aku belajar tafsirnya, tafsir Al`Ashr sangat memikat bagiku. Sederhana, tapi Subhanallah : ). Misalnya apa arti kata Ashr? Di bahasa arab kan ada Dahr, Ashr, Ajal, Ashr juga bisa diartikan memeras. Kenapa memeras? Trus yang dimaksud Allah sebagai masa disitu tu masa apa? Apa maksudnya kerugian disitu? Aapa maksudnya `didalam` kerugian? Kapan kita mulai merasa rugi? Lalu, orang seperti apakah yang dikecualikan dalam kerugian? apa arti masing2nya?
Membahas mendalam tentang surat ini membawa banyak pencerahan.

Aku suka surat Al-ashr. Selain kesederhanaan dan kedalaman maknanya, surat ini membawa resolusi dalam hidupku agar jangan hidup dalam kesia-siaan. Penyesalan selalu datang belakangan. Aku tak mau ketika sudah sampai "ashr" hidupku, aku menyesali masa-masa sebelumnya. Bagaimana agar penyesalan tidak datang belakangan? Nah itulah resolusi yang aku buat sejak aku takjub dengan surat ini.
Oh ya surat ini juga mengajarkan kita agar saling menasehati dan sabar. Nasehat dan sabar. Ada banyak sisi dalam hidupku yang benar2 harus mempraktekkan dua hal itu. Katanya lagi sabar adalah kunci semua kesuksesan. Banyak hal sering membuat keingat surat ini deh : )

mega

1 comment:

Megarini Puspasari said...

apa karena nulis postingan ni, trus kesabaranku langsung diuji-Nya ya??

 
Lilypie Maternity tickers