Wednesday, March 05, 2008

Kerja di Jepang?

Lagi-lagi jam sudah menunjukkan hampir 1/2 9 malam ketika mega keluar kantor. Ketika mega pulang pun, masih banyak teman2 yang belum pulang. Masih banyak, benar-benar masih banyak. Pokoknya jumlah orang yang bisa ditemui jam 12 siang dengan jam 8 malam, hampir sama.
Lembur! Mungkin hal itu fenomena yang sangat umum di perusahaan jepang, dimana banyak pegawainya yang kerja sampai jauh larut malam, bahkan ngineeeep (haaaa???). Bagiku, yah... ada saatnya lembur juga, ketika memang pas kerjaan numpuk. Walau pokoknya mega usahakan selalu bisa pulang tepat jam 6 sore teeet.
Coba bayangkan bila mega keluar kantor sudah jam 1/2 9, sampe rumah jam 9 lebih. Belum masak, belum makan, belum mandi...dan belum2 lainnya. Tidur jam 12 an, bangun pagi...berangkat kerja.
Capeeek dong. Dsini ga ada pembantu e.
Makanya sudah hampir 2 tahun kerja di Jepang, mega belum juga paham kenapa orang Jepang gila kerja. Ga mau judge baik dan buruknya, cuma bagiku...rasanya hidup koq ga seimbang. Ga papa sih kalo harus lembur karena kerjaan harus selesai hari itu. Ga papa sih lembur kadang2. Tapi kalo tiap hari? Liat temen2 yang ga buru2 pulang walo sudah jam 8 malem, jadwalin meeting jam 8 malem, tetep nerusin kerja kayak masih jam 3 sore aja..... bikin aku rasanya enek banget akhir2 ini. Bukan enek karena lemburnya, namun dengan hobby mereka yang suka lembur itu. Dengan perasaan mereka yang fine-fine aja walo pulang jam 11-12 malem. koq bs sih?
Pernah juga sih nanya ke temen, "kenapa ga cepet2 pulang sih?"
Jawabnya, "Abis pulang pun, di rumah ga ngapa2in!!.
I feel sorry for that.... kan bisa kek ngelakuin hobi. No hobby? Again, I feel sorry for that.
Kalo buatku yang masih single gini, bolehlah pulang malem :D kan ga ada yang nungguin (aji mumpung ;p), buat yang sudah berkeluarga...apa ga pingin cepet2 ketemu keluarga gitu.
Oh ya, kalo pernah membandingkan. Kereta di osaka tuh semakin malam bukannya semakin sepi,namun malah tambah rameeee!!!! bener2 rame!!!!
pertanda orang2 pada pulang malem gitu.
Yah beginilah, keluh-kesah sepulang kerja. Ini juga malah nulis blog, padahal belum mandi dsbnya...hehe. Dah hampir jam 11 malam ni, besok hrs bangun pagi...kerja lagi!
Yah ada plus minusnya koq. Plusnya kerja di perusahaan Jepang juga banyak..hehe. Akhirnya aku posting jg tulisan kayak gini ;p, bukan ngeluh ya... sharing aja,sp tau kalo ada yang punya pengalaman sama, boleh share lah.

Mega
-sick of seeing people working overtime-

6 comments:

Anonymous said...

milih mana?

lembur di kantor? ato pulang bawa gawean?

Megarini Puspasari said...

tergantung sih, kdg2 lebih suka bawa plg gawean.
Tapi pokoknya sebisa mungkin ga lembur dan ga bawa pulang gawean.hehe

Ai said...

duuh mbak mega, semangat ya! pernah nyoba nginep di kantor ga??

Anonymous said...

mba mega disini pun Jakarta, saya nginep terus di kantor, emang kerja malem seih, hehehe. btwe klo ada info kerja di jepang mau donk, kirim ke x_bilt@yahoo.com ya, tq

Anonymous said...

wah.. mba emang kerja di bidang apa d sana...?? aq mau tau dong tentang prilaku orang jepang thdp orang kita(indo)..mang klo ngurus izin tinggal d sana susah y mba?? kasih aq tips dong,,biar bs kerja d sana.. anjar_pupart@yahoo.co.id

Anonymous said...

Smeangat terus ya mbak, saya (graphic design) termasuk gila kerja dan sering nginep kantor, kalo bengong/libur malah bingung, akhirnya bersih2 deh. Mau dong kalo ada info lowongan di jepang krn jepang adalah impian saya.huhuhu..mau ktemu doraemonku.

 
Lilypie Maternity tickers