Friday, April 27, 2007

Selamat Pagi Beppu!

Hari ini bangun pagi (bangun siang!!-red), dan membuka mata, eee.. ada di kamar Dek Riha. Im in Beppu. Sebenarnya udah sejak minggu sih di Beppu. Tapi karena kerja, dan akses cuma terbatas hotel dan tmp kerja, which is APU, jadi ga kerasa pulang ke Beppu deh. Nah sore kemaren, selesailah tugas, dan dimulailah liburan. Aku libur jumat ini, tepatnya izin ding. Jadi sampe sabtu di Beppu, trus sorenya pulang kampung Yamaga. Iya, pulang rumah Yamaga. Setiap kali okaasan bilang "matteiru kara, kaerinasai" (kita tunggu, pulang ya-red), rasanya ada yang hangat di dada ini.
I miss them all. Aku ga sabar untuk liat bunga2 di taman okaasan, pasti sebentar lagi tulipku mekar. Kemudian di kebun sekarang ada tamanan apa? Tak sabar cuma buat nggodain Ku-chan, anjing satu2nya di dunia ini yang aku baikin, dan aku kangenin. Hehe, abis dia juga baek, dan kangen ma aku sih.
Anyway, I miss everything at home.
..............................

Seminggu ini aku banyak belajar. Alhamdulillah!!! Sebagai bagian dari team human capital, mega belajar tentang mengiinterview, dan memahami tiap-tiap orang. Wah cuma dengan mendengarkan penuturan orang2 yang diwawancara aja sudah belajar banyak. Satu hal penting yang aku sadari, nyari pegawai itu hampir sama kayak nyari jodoh. Cocok-cocokan, try to find the MATCHING one. I dont know in other companies, tapi kalo di perusahaanku, kita cari orang yang cocok, bukan yang paling pinter, yang paling tinggi tesnya, tapi sekedar yang MATCH. Dan sama halnya dimana aku susah suka ama orang (maksudnya suka dlm konteks mencari Mr. Right), aku juga susah being impressed ama orang2 yang datang wawancara itu.
Ketika leaderku bertanya.. "gimana, Mega?".
Terpaksa aku jawab.."Hmmm...its not easy to impress me. Only one candidate impressed me today"
Seniorku malah langsung pada nyorakin, "Busyet ..selera tinggi nih. standar tinggi!!"
Sebetulnya enggak loh, doesnt need to be an intern in UN HQ, or having perfectly 4.00 GPA, and all those things... kadang aku justru tersentuh oleh2 hal-hal kecil, yang aku liat meaningnya sangat dalam. Contohnya, wah..ga bisa kasih contoh nih, private information. Anyway, kayaknya ... filosofiku to identify my Mr. Right hampir sama dengan caraku recommend a new associate to my company. (we dont use the word EMPLOYEE, tapi kita pake ASSOCIATE). hehe..
Tapi dalam menyeleksi our associates, aku menyadari bahwa orang2 yang tidak aku rekomendasikan bukan berarti mereka ga potensial, smuanya keren2...n potensial banget. Cuma kadang aku merasa, "wah kayaknya kalo dia cocok jadi policy maker in education, not working with local communities. wah dia bagus...tapi lebih bakat jadi artis etc". Berpikir dari segi, mana yang terbaik untuk perusahaan, dan untuk orang yang kami wawancara sendiri. Jadi sekarang sedang berpikir, kalo kami harus menolak calon pegawai, aku ingin mencantumkan alasan ga lolosnya. Help them to understand theirselves, and identify in which area they can make best use of their talent.
Sgini dulu cerita hari ini. Hari ini mau ke APU, trus ketemu temen2 HOSHIZORA.

mega
-enjoyHOLIDAY!-

No comments:

 
Lilypie Maternity tickers