Thursday, January 27, 2005

`Bu Guru, kenapa harus ada yang jadi jahat?`

`Bagus sekali ..., anak2. latihan hari ini selesai ya!!` ibu guru menutup latihan drama itu.
Gadis kecil itu tampak mengemasi barang2nya. Ada kotak makan beserta botol minumnya yang udah kosong, udah habis tadi dibagi ama temen2.
`Bu Gulu` dipanggilnya ibu guru dengan aksen cadelnya.
`Iya ..., apa mega!`
`Kenapa cih, halus ada yang jadi jahat ... di dlama?` tanya sang gadis kecil
Sang bu Guru tak langsung menjawabnya, ada senyum kecil di bibirnya. Diraihnya gadis kecil itu dipangkuannya...
`sini ... mega!`

sejenak dipandangi gadis dipangkuannya itu.
`Karena ibu guru ..pingin mega belajar dari drama, kalo orang jahat pasti nanti akhirnya dapet balasan yang buruk. Sedang yang baik.. dapat hal yang baik juga.`
sang gadis kecil hanya terdiam, menatap lekat bu gurunya. mungkin keterbatasan perbendaharaan katanya ... yang membuatnya hanya terdiam.
`Tapi mega ga usah takut. semoga mega ga pernah ktemu orang jahat ya!`

-----------------------------------------------------------------------------------------

Percakapan singkat dengan Bu Guru di taman kanak-kanak itu terus lekat di ingatan, walo sudah berlalu hampir 15 tahun. Berbagai drama... aku mainkan kemudian, baik ketika menginjak sekolah dasar, maupun ketika sudah berganti seragam putih biru, namun tak pernah juga aku kebagian peran antogonis. Paling sering dapet kebagian peran putri.
15 tahun juga, aku tak pernah tuh ktemu orang jahat. Tak pernah juga menangis karena dijahatin orang. Hmm... tapi inget sekali..., mamah suka mengeluh.., `Mega tuh kalo dinakalin temennya tuh koq ya ga ngerti ..gitu lho, Pah!!`keluh mamahku ma papah.
Atau di lain waktu, mamahku setengah berteriak padaku, saking gemesnya liat aku dipukulin adekku ..diem aja. Kata mamah..aku malah tersenyum saja.
Ato pernah aku diajak mamah ..naik bis. Di dalam bis, ada adek kecil yang melet (menjulurkan lidah), aku tenang aja komentar `mamah..liat dedeknya lucu`. Mamahku nyampe pusing.., aduh ini anak.
Waktu mau ke Jepang, temenku ada yang setengah mati nahan aku untuk pergi, takut aku ktemu org jahat..n dijahatin ..n aku ga ngerti. Hihihi... aku cuma tertawa geli aja digituin.

Wah, jangan2 cuma aku ga ngerti aja ya..dijahatin orang.

Hmm... tapi beberapa waktu yang lalu, aku nangiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiis sodara2, karena ngerasa ada yang jahat ma aku. Hmmm... kalo dinget-inget, nangisnya lucu juga. Nyampe aku mikir, ya ampun mega... kamu tuh seharusnya nangis kayak gini tuh pas.. kamu masih TK gt loh.
Bener2..nangis, ambil ngadu ke Allah, ambil bilang `Allah.., kalo dia jahat ma aku. knapa aku harus baik ma dia, aku ga mau jadi orang baik... aku juga bisa koq jahat ma dia. Knapa aku harus jadi orang baik kalo kayak gini?`

hehe.. kalo diinget2 ... jadi geli. persis nangis anak kecil. Gila, telat 15 tahun buat nangis gara2 dijahatin orang.
Hmm... trus anehnya lagi, abis ngadu ma Allah, ee... orang yang aku pikir jahatin aku ... kena trouble. Hehe.. tapi pas itu aku dah ga ngerasa dia jahat koq, jadi udah bs bantuin deh.
Tapi kl inget histerisnya aku nangis..., bener2 ngerasa konyol

Dari kecil nyampe SMA, mungkin lingkunganku terbilang lingkungan baik2. Keluarga yang kooperatif demokratis, temen yang inspiring bin helping ;p, keluarga besar yang care banget, guru2 yang Ok, sekolah yang terjaga pergaulannya. What a perfect life!!
Sering denger sih.. waktu masih di SMA dulu, katanya anak SMA ku kalo dah lulus...pada kaget, `hah..inikah dunia nyata`... karena di SMA ku yang ada tuh yang jenis2 ideal dan teladan. wuiiih...
Hmm.., tapi setelah tinggal di Jepang ini, mega jadi tau `knapa di drama waktu jaman TK dulu harus ada yang jahat`
Akhirnya pertanyaan itu terjawab juga, walo harus nyampe Jepang dulu.
Disini .. udah beberapa kali ketemu org yang suka attack orang lain. Beberapa waktu lalu juga... aku diattack orang. Sebetulnya ga sadar sih. Baru sadar, setelah temen2 mengirimkan email dukungan ke aku, atau sekedar menepuk bahuku.., atau pada protes, `Meg, kamu koq ga defense sih!`
Dan aku cuma tanya, `emang tadi dia attack aku?`
`Iya laaah, masak kamu ga sadar!`
`Hmm.. kerasa sih`
`Trus.. tadi reaksiku gmana?`
`Reaksimu biasa aja gt, ga defense!`

Habis itu.., baru deh kerasa kalo hati ini sakit juga, trus ke toilet.., hehe.. kl keinget jadi geli... di toilet tumpah deh airmata ini.

`Kenapa cih, harus ada yang jahat... di dlama?` tanya sang gadis kecil.

it`s real life ..., my dear!


4 comments:

Anonymous said...

may i have ur e mail?
plizzz....

Anonymous said...

maaf meg, ak bukan guru apalagi ibu.

Tapi jangan selalu ditanamkan jahat itu jahat, dan baik itu baik. Karena kejahatan dan kebaikan itu adalah set dari pikiran kita. Kejahatan dan kebaikan hanyalah perbedaan cara pandang atau pola pikir. Tidak ada kebaikan dan kejahatan mutlak(kecuali ketika kita bersandar pada agama --> fanatisme kita yang memutlakkan kebenaran dan kejahatan.

Yang jelas, itu adalah sifat unik dan unggulmu. Persetan dengan orang bilang...

-igun
because web-spider effect.

Anonymous said...

yang pernah saya denger, klo kita melakukan sesuatu kepada orang lain dan setelah itu kita tiba-tiba merasa, baik sedikit atau banyak, bersalah, berarti kita telah melakukan kejahatan terhadap orang itu. kejahatan dalam hal ini termasuk juga adalah hal-hal yang kurang disenangi oleh orang tersebut. klo saya pikir, itulah hati, dan hati itu masih diberi petunjuk olehNYA-dengan memberinya perasaan "aneh"(bersalah-pen)-. klo udah nggak punya hati?tp saya yakin, sebelum seseorang jatuh lebih dalam kedalam suatu kejahatan, sebelumnya pasti dia sudah diberi peringatan oleh ALLOH. karena hal itu telah dijanjikan olehNYA. ya, seperti rosullow saw yang memberikan peringatan kepada umatnya sebelum kejadian akhir zaman. wallohu'alam.

Anonymous said...

rasanya tantanganmu lebih keras dalam hal diintervensi ama orang. aku sendiri masih merasa duniaku belum dunia nyata,Meg.
Soro-soro, keputusan yang membawa resiko besar harus dijalankan, dan aku mau gak mau harus lebih belajar dewasa dan kuat dengan progressif.

Mega, polos itu ternyata selalu ada baiknya,yah.

 
Lilypie Maternity tickers