Saturday, July 25, 2009

Belajar dari Jepang 1

Halo semua,
surprisingly this is my second posting today. Yes, 2 postings in a day, after such a long holiday of writing here.
Ini tentang satu hal yang mega pelajari di Jepang, yang mungkin salah satu rahasia sukses orang jepang. Harus ditulis, keburu lupa.

Jadi apa sih beda orang Indonesia dengan orang Jepang sehingga jepang relatively lebih maju dari Indonesia?
Menurut pengalaman dan pengamatan kerja bareng dengan orang Indonesia, orang Jepang, dan tentu saja 3 tahun ini kerja profesional (baca: dibayar) dengan perusahaan Jepang, ada perbedaan mendasar antara orang Indonesia dan orang jepang.
Ini tentang attitude!
Oke, ambilah sebuah case-study. Sekelompok orang Indonesia dan orang Jepang dikasih sebuah pekerjaan dengan sistem yang sudah ditentukan (termasuk detailed procedure-nya). Pokoknya simply kalo dijalankan sesuai sistem, pekerjaan akan berhasil.
Rasanya saya berani menjamin bahwa kelompok orang Jepang bakal menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan sukses! Mereka akan menjalankan sistem dengan rapiih, ontime, dan sempurna. Pokoknya bisa menjalankan semua procedure seperti robot deh hehe.
Mereka tu rapi dan teratur banget. Kayaknya hampir semua orang jepang punya buku agenda tuh. Kayaknya sangat aneh kalo ga punya.

Gimana, dengan orang Indonesia?
Ini dari pengalaman mega lho. Ada kecenderungan sistem akan macet di tengah jalan hehe. Simply karena nunda2 pekerjaan, nggampangin prosedurlah dan lain sebagainya.
Ini tentang attitude!
Bahkan mungkin akan memotong sistem, dengan memberi uang suap misalnya hehe.
So kalo sistem pemerintahan Indonesia tidak berjalan lancar, dan banyak sistem yang macet, apakah karena perbedaan attitude yang mendasar itu?

Dari hal-hal kecil, seperti attitude masing2 orang seperti itulah yang akan membentuk karakteristik sebuah bangsa, dan itulah yang membuat segala perbedaan!

Mungkin ini satu hal yang bisa kita pelajari dari orang jepang ya... Attitude mereka untuk menjalankan sesuatu sesuai yang diamanahkan. Ternyata orang jepang amanah2 ya.., terhadap pekerjaan, tanggungjawab, dan kepentingan bersama.

Namun tentu saja, sebaliknya orang Indonesia juga punya banyak kelebihan lah. Salah satunya adalah kreativitas!

mega
ps: Diberi judul Belajar dari Jepang 1, karena sapa tahu ada yang kedua ketiga...:p

5 comments:

okta zaida said...

oh saya jadi lega ternyata saya masih orang indonesia :))

asty said...

orang indonesia sejati: sarapan nasi goreng, make tissue toilet buat tissue makan.. :))

klo masalah maju nggak maju aku rasa masalah garis tangan.. :))

Megarini Puspasari said...

Wah wak tp stress g sih kerja ma org yg telat deadline, ga sesuai prosedur dll? Yah g perlu kyk robot tp yg amanah gt.
Tik, koq garis tangan? Usahanya?

Heni Prasetyorini said...

orang kreatif biasanya kan nggak rapih?, jadi mungkin karena terlalu kreatif, orang Indonesia susah diajari rapih...heheh...ngeles aja nih.

kayaknya mbak, jika soft skill ini dibina di sekolah dan keluarga masing2, insya Allah generasi ke depan bisa lebih rapih. salam.

abbagayleabelman said...

3d - Titanium TV
【Fotolia】www.tincy tv, tv, tv, tv, tv, titanium scissors tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, titanium hair trimmer tv, titanium pipe tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv, tv  how strong is titanium Rating: 4.3 · titanium apple watch band ‎7 votes

 
Lilypie Maternity tickers