Thursday, June 15, 2006

Renungan Hati

Hirabayashi, June 15th, 2006 23:54

Besok Mega ada acara Sempai tachi to no kondankai (ramah tamah?) di KUMON. Hmm..mungkin kalo di-Indonesiakan itu adalah semacam acara ramah tamah dengan senior. Ini adalah bagian seleksi proses terakhir untuk bekerja di KUMON, jadi yah mungkin kayak kenalan gitu. Soro soro shakai jin ni naru!..shinjirarenai ne. Iya, jadi kerasa kalo bentar lagi aku lulus insyaAllah, dan kalo istilahnya Jepang: menjadi shakai jin. Shakai jin tuh arti literalnya manusia sosial, hehe..koq jadi aneh terjemahannya? Yah intinya, menjadi orang dewasa sepenuhnya yg mempunyai fungsi sosial. (masih aneh ya?).
Hmm...dan hari ini entah kenapa, aku ngerasa Allah ngasih mega kesempatan merasa jadi shakai jin di Jepang. Kan dah dua hari ini mega research di kantor ITPC di Osaka, nah selama 2 hari ini pula mega nginep di tempat temen. Tapinya temen Mega malah lagi tugas ke luar kota ke Kochi (shikoku). Ya jadinya mega sendiri di apartment T_T.
Jadi tadi pagi, mega bangun pagi, trus berangkat ke kantor. Keluar dari apartment tuh langsung ngerasa
`siiiiing....mungkin gini yah rasanya jadi shakai jin. Tinggal sendiri di apartment, ga kenal sapa2`.
Udah gitu didukung dengan segala atribut khas kantor. Ga pake jas siiih, tapi ya tipikal baju buat kerja, plus tas kerja pula (padahal biasanya mega ga pernah lepas dari tas ransel. Dimana saja,kapan saja). Dua tas, ga cukup satu buat masukin smua buku buat reserach ;D. Trus jalan ke stasiun, bergabung dengan manusia2 lain, menjejali jalur transportasi kota Osaka. Deuh...berasa banget kayak berangkat kerja.
Trus turun di Trade Center Mae stasiun, pemberhentian stasiun di gedung WTC Osaka. Yah namanya WTC, tambah kerasa deh atmosfer KERJA dan BUSINESS-nya.
Masuk kantor, yah emang bersama2 orang kerja.
Nah klimaksnya tuh kerasa pas pulang tadi. Setelah hanging out dinner ma temen2, n say good bye, semuanya berpisah dengan jalur kereta masing2. Masuklah kereta, berjejalan lagi dengan manusia2 pekerja lainnya. Muka capek, muka kuyu, muka mabok :D, aku cuma mbatin, `hmmm... kayaknya bener2 gini yah hidupku nanti, kalo kerja di Jepang.`
Nyampe stasiun Hirabayashi, turun dari kreta, hujan deras. Wah jalan sendiri, hujan-hujan, menuju apartment yang tidak ada siapapun disana. `Sepii..` akhirnya kata kunci itu keluar juga.
Hmm... aku membayangkan, kalo kerja di Jepang, tinggal sendiri, brangkat pagi pulang malem...ga kenal tetangga. Pulang ga ada sapa2....sepinya!
Itu yang kurasakan hari ini. Ternyata beda ya ama pas kuliah. Kalo pas kuliah tinggal di asrama sekamar sendiripun, toh temennya buanyaaaak di asrama itu. Di apartment di Beppu, tinggal ma temen se Indonesia. Pindah homestay...apalagi. Berasa beneran punya keluarga, yang membuatku merasa tinggal ma orang tua sendiri.
Tadi ini pulang, entah kenapa rasanya was2. Kota besar, cewek jalan sendiriii..., buka pintu gedung apartment...entah kenapa was2 banget, masuk lift, nyampe buka pintu kamar apartment...was2 gitu, kayak ada yang ngikutin aja. Trus buru2 kunci pintu, hidupin smua lampu. Ada suara dikit aja, gimana gt. Mungkin blm biasa aja kali ya. Udah gitu ada telepon aja kaget, aku ga bayangin kalo malem2 ada yg bunyiin bel, pasti ga tak jawab deh. Padahal mega di Beppu tuh bukan penakut, siapa aja yang nge-bel, aku bukain. Entah knapa di kota gede gini jadi was2. Baru pertama kali ya, tinggal di sebuah tempat, asiiing, ga ada yang kenal seorangpun...dalam radius berapa kilometer ya.
Jarang2 loh aku was2, takut, atau kesepian. Eh...hari ini ga takut koq, (hehe...ini aja ga mau ngaku ;p). Apalagi, Osaka bukan kota asing bagiku. Setidaknya udah punya restoran langganan, yang suka gratisin aku (restoran pakistan...;p). Dulu dsini aku punya kenalan, yang bagiku udah kayak orang tua sendiri aja. Sampai2 kalo ke Osaka berasa pulang kampung. Aku pernah 2 bulan tinggal dan beraktivitas di daerah sini. Tapi 1 bulan lalu kenalanku tuh dah pulang indo, tiba2 Osaka terasa tak seramah dulu.

Hmm... hari ini ngerasa aja, Allah ngasih mega kesempatan buat ngerasa jadi Shakai Jin-nya Jepang, sebelum nanti memantapkan hati, kalo bener2 mau kerja di KUMON, yang notabene... besok adalah salah satu rangkaian seleksi terakhirnya.

Hmm... yang kurasakan di hatiku sekarang..., memantapkan hati..I will take the challanges with all the risks.
Besok, brangkat ke KUMON dengan segala kemantapan hati. Pokoknya....Innaallaha ma `ana. Sesungguhnya Allah bersama kita (kata2 semangat yg diberikan dek Riha). Yang bagiku memberikan all that i need, kekuatan luar biasa.

mega
-if u believe on something, go for it-

2 comments:

Anonymous said...

assalamualaikum wr wb

kulonuwun diajeng mega, pripun kabaripun? skripsinipun sampun rampung dereng? mugi2 lncr lan pikantuk kasumringahan sedoyo.

sy sll sng tiap kl mampir kesini, bc tulisan2 yg inspiratip, keep it up.

smgt trs brjuangnya,

wassalamualaikum,

kwnSprjuangan

Megarini Puspasari said...

waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh,

Di, maturnuwun untuk selalu nyempatin mampir ksini.
Thesis dah selesai Boss, amin...amin!
Dan makasih emailnya. Inspiring, dan meyakinkanku! *terharu
sependapat, we have REASON to go home, not type of person that leaves the sinking shipship, n never worried about rizki!

semangat terus ya. smoga adhi lancar semua usahanya dsana!

mega

 
Lilypie Maternity tickers