Wednesday, May 04, 2005

simple but WondErFuL!!

Hari ini … sungguh mengesankan. Allah menunjukkanku sesuatu yang simple tapi berarti. Ceritanya nih.. mega ikutan okaasan n otousan jenguk temennya yang sakit di RS. Tadinya mega ogah-ogahan buat ikut, bukan apa2, PRku banyak banget. Tapi akhirnya, daripada di rumah sendiri, mending ikutan, toh di mobil bisa tidur, seklaian pulangnya mau ambil barangku yang masih ketinggalan di apartemen lama.
Awalnya … sampai di byouin sih biasa2 aja. Orang yang sakit (aduh jenenge sopo ya? Aku panggilnya ojisan) menemui kita di ruang santai. Di ruangan itu ada kursi2, sofa, lemari es, dan televise. Kita duduk berempat, okaasan, otousan, ojisan, dan aku. Pertama2 tentu saja okaasan memperkenalkan aku… `Ini mega, pelajang asing yang kuliah di APU, sekarang homestay di rumah kita`.
`Oya.., `ojisan nampak terkesima… Trus pembicaraan pun mengalir …, dari mulai ngomongin aku, sekolahku, dll… sampai masalah gempa bumi… , agama wah banyak deh. Okaasan yang udah dapet cerita macem2 ttg Indonesia dari aku, mulai bercerita. Dia ngomongin gimana rasanya sambal Indonesia, Kare Indonesia yang berbeda dengan kare Jepang, trus bedanya bagaimana, ngomongin kenapa aku pake jilbab, trus aku yang ga makan babi. Okaasan juga mendemonstrasikan bilang terimakasih dan sama2. Di tengah pembicaraan seorang nenek tua, meminta izin duduk di meja kami, tampaknya dia ingin gabung berdiskusi. Tapi okaasan terus saja berbicara … tanpa memperdulikan sang nenek. Ketika sang nenek angkat bicara pun, okaasan tidak begitu memperdulikan, sambil memasang raut muka, `ikut campur aja sih`, Sampai akhirnya ketika membicarakan bantuan buat aceh, sang nenek dapat memanfaatkan kesempatan dengan tepat. Dia berkata `Mahasiswa APU ya, waktu kapan itu kan keluar di TV ketika boukin katsudou.`. Aku mengiyakan, okaasan dan otousan mengiyakan sambil memperlengkap ceritanya … sedangkan ojisan lagi2 terkesima..`Oya…?` begitu katanya. 15 menit kemudian seorang kakek bergabung dengan kami, dia ikut membicarakan betapa harga barang di Indonesia sangat murah. Kami membandingkan harga coca cola disini dan di Jepang. Kemudian mereka bertanya padaku, berapa harga tiket pesawat ke Indonesia, berapa biaya hidup sebulan, dan karena okaasan ngebet banget pingin massage, dia juga tanya berapa harga kalo massage di Indonesia.
Kemudian seorang kakek bergabung lagi, seorang laki2 berkursi roda pun bergabung. Dan akhirnya waktu aku menengok kanan kiri…. Hmm… masyaAllah ternyata banyak orang bergabung… mendengarkan diskusi kami. Aku sampe kaget, it simply … wonderful! Mereka tampak menikmati mendengar cerita tentang seorang anak dari Indonesia .. belajar di Jepang, bisa bahasa jepang lagi, trus apa tuh… pake scarf yang katanya itulah kewajiban seorang wanita Islam. Lebih lanjut lagi, mereka menikmati pembicaraan tentang negara asal anak itu yang habis terkena bencana tsunami. Tidak nyampe disitu … agama sang anak juga dibahas tuntas, seorang ojisan menerangkan bahwa di Islam mereka berpuasa dalam bulan Ramadhan. Sedangkan yang lain terkaget2…`Ha… tidak makan?`. Kalo sudah gitu aku tersenyum dan angkat bicara, semuanya khidmat mendengarkan. Aku melaju, bak menceritakan… kehidupan yang bagi mereka … shinjirarenai.
Waktu berjalan cepat, makin banyak orang mendengarkan pembicaraan kami, lebih dari itu … aku merasa setidaknya cerita tentangku … membawa hiburan bagi mereka. Tentu saja… amat membosankan ya.. tinggal di RS. Dan hari ini, seorang anak dengan kehidupan yang bagi mereka tidak biasa… kebetulan datang. Ah… betapa Allah… menunjukan kuasanya, memberi kesempatan untukku.. secara tidak sengaja memberi sedikit hiburan … buat orang2 yang sedang beristirahat di RS. It is simple but wonderful.


Ketika kami pulang, hari mulai sore. Untung okaasan akhirnya ngajak pulang, kalo enggak … aku takut dimarahin perawat… karena ruang santai di sore itu jadi rame sekali. ;) Semoga cepat sembuh ya…semua.

2 comments:

rekymartha said...

nice story sist!! can u imagine how we learn about life here? Allah always has a beautiful way in teaching us, isn't He? kore kara mo, isyouni ganbarou yo!!

atma said...

:D wow, ternyata kayak gituan ada tho di dunia nyata..(gak cuman di film) hemm Dia memang benar2 sutradara yang terhebat.

 
Lilypie Maternity tickers