Sunday, March 01, 2009

anak-anakku kena marah :(

Minggu lalu aku bolos ngajar di kobe karena badan tepar sehabis snow board jumat malam mpe sabtunya di Gifu. Beneran badan tu ga bisa gerak, bahkan ga bisa langsung bangun dari posisi tidur ke duduk, tapi pake miring dulu, harus meliuk2 untuk sampai pada posisi duduk. (Dan sapa bilang snow board lebih mudah dari ski? Oh my God, tetep aja susah T_T, jatuh banguun.)
Kembali ke inti cerita, yap aku bolos ngajar di kobe. Dan bener2 timing yang pas banget istrinya imam masjid baru dateng dari egypt skitar shari sebelumnya. Jadilah beliau yang pegang kelas.
Nah, seminggu berikutnya alias hari ini datanglah aku ngajar seperti biasanya. Dan ternyata istri Imam marahin anak2 yang ribut dan in bad manner minggu kemaren. Padahal minggu kemaren itu ceritanya lagi ada visiting guests gitu, dan anak2 kayaknya ngasih image yang jelek gitu deh. Katanya juga sih visiting guests itu ngasih nasehat (marahin?) anak2 yang dianggap mannernya ga baik. Jadi pagi ini, istri imam jelasin panjang lebar tentang gimana anak2 tu harus dengerin baik-baik kalo guru sedang ngomong, ga boleh menyela penjelasan guru, pokoknya tentang manner2 dasar ketika belajar.
Aku yang ga berada di TKP sminggu sebelumnya, dan ga tau kejadiannya cuma bisa mengira-ngira. Nasehat beliau sih oke dan bener banget, tapi aku sambil berpikir "masak sih anak2 gitu?", "Jangan-jangan hasil pola didikanku nih, yang kebetulan ga selaras banget ama polanya sang visiting guests", "apa pola pendidikanku terlalu bebas".
Jujur ya aku sama sekali ga masalah kalo aku sedang nerangin, anak2 comment atau bertanya. Its totally fine for me. Tapi mungkin ada yang ga cocok ama pola itu kali. Aku yang terlalu bebas kali, tapi emang aku ga nuntut anak2 100% dengerin aku koq, asal mereka ngerti aja yang aku terangin. Singkat cerita, kelasku tu emang bukan tipe kelas tegang, dimana anaknya keliatan tekun2 gitu deh, anak2nya cenderung bebas, ceria, ekspresif, tapi aku bisa jamin they`re smart! Jadi ketika aku dilapori mereka ga dengerin baek2 penjelasan guru, terus terang ya..setengah hatiku bilang, "itu tanggung jawab guru deh untuk bikin anak2 tertarik dengerin".

Pengalaman pagi ini membuatku berpikir, "Besok bagaimana ya pola pendidikanku terhadap anakku nantinya". Kayaknya akan cenderung bebas dan demokratis nih, yang mana berarti hampir mirip2 dengan cara mamah papah mendidikku. Mamah papah tuh kayak sahabat sendiri gitu deh, bisa cerita apa aja. Mamah papah bahkan bisa jadi sahabat temen2ku juga. Tapi aku jadi khawatir, kalo dididik dengan cara itu, gimana ya kalo anakku nanti kurang punya manner yang baik. Tapi kayaknya aku yang hasil produk pendidikan mamah papah ini tau koq tata krama hehe, walo kadang2 suka ga ngeh ;p
Hehe, jadi mikir jauh ke depan gitu ya. Belum lagi kalo pola asuh suami kita beda dengan kita, harus diselaraskan. In my case, i think we have quite different background. Sekarang juga masih tahap penyelarasan sih, and I think it is not a destination, it is a journey to know and understand each other.

Begitulah, aku sedih anak2 dimarahin tadi. Hehe, bagiku they are my best! Ya Allah, iyalah anak didik sendiri ya dibangga2kan. Aku juga jadi penasaran siapakah visiting guests-nya. Kalo menurutku ya baru sekali dateng, jangan langsung komen dan marahin anak2 dong (hehe tampak masih blm rela), coba pahami dulu mereka. Ga tau deh, aku khusnudzon aja lah.
Tapi tadi istri imam muji anak2 yang makin lancar baca alQuran. Tak lupa dia mengedipkan mata padaku. Ehem, sapa dulu dong gurunya! not only me of course hihi

mega

ps: Oh ya tadi aku baca blog orang, tentang orang tuanya yang sangat mengatur tentang jurusan yang diambilnya. Pokoknya di akhir cerita anak itu selalu nurutin ortu deh. Walo aku yakin banyak orangtua yang kayak gitu, aku masih suka heran ada ortu yang kayak gitu. Koq tega gitu, itu kan tentang pilihan seumur hidup. Hmm... blm lagi kalo dijodohin paksa. waah...

4 comments:

atma said...

wah klo yg dijodohin paksa mau tuh meg, asal yg dijodohkan sesuai kriteria :P (hehehe, itu mah sama aja)
apalagi kalau kitanya suka, dianya enggak ~hahahaha~ benar2 diuntungkan tuh si anak.. :P

btw, menurutku pola didik yg baik adalah ketika anak merasa nyaman plus target pendidikannya tercapai. sedangkan untuk cara pengajarannya sangat relatif dgn kondisi pribadi masing2 anak, jadi tergantung anaknya aja kali ya...

tapi kalau masalah manners, mungkin bisa lewat cerita ttg kepribadian Rasulullah ketika dia berhadapan dgn orang lain. (yg mungkin hal ini sudah istri imam bilang ke mereka)

atma said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

setahuku mendidik anak itu tanggung jawab suami deh. (iya nggak sih?) yang kemudian didelegasikan dan bagi-bagi tugas sama istri.

kalo menyesuaikan dengan kalimat 1, gimana-gimana ya nurut sama suami. tapi teteuplah, suami belum tentu selalu benar. compromise everywhere.

atma said...

setahuku tanggung jawab berdua dan gak ada delegasi2an :P, adanya bagi2 tugas (alias tanggung jawab) hehehe..

diskusi dengan kepala dingin dan openmind (plus mementingkan kepentingan anak diatas semuanya) kurasa itu yg terbaik..(mugo2 wae suk aku dan bune (:P) iso nglakoni... amiiin)

 
Lilypie Maternity tickers